Wayang Golek, Seni Pasundan Nan Diminati


Wayang Golek adalah kesenian khas dari Jawa Barat. Walaupun pagelaran kini mulai jarang akan tetapi peminat mulai diminati, bukan hanya orang tua saja tetapi mulai dari anak-anak, remaja dan lainnya.

Diminatinya kesenian Wayang golek tidak terlepas dari perjuangan sang maestro Ki Dalang Asep Sunandar Sunarya Rahiimamullah. Abah Aseplah yang memperkenalkan wayang golek ke kampus, kampus, dinas-dinas pemerintah dan lainnya.

Bukan hanya itu, Abah Asep membuat banyak kreasi pada pertunjukan seperti Buta Muntah, Wayang terlihat seperti bernafas dan lainnya yang sehingga kesenian ini kian diminati oleh orang banyak.

Abah Asep memperkenalkan wayang bukan hanya tanah parahyangan saja, Abah selalu mendapatkan panggilan dari luar jawa seperti Bengkulu. Bukan hanya itu, kiprah sebagai dalang membuat beliau berkeliling dunia seperti Belanda, Inggris, Prancis, Vatikan, dan lain-lain.

Sepeninggal Abah Asep, kini banyak dalang-dalang muda bermunculan seperti Dadan Sunandar Sunarya, Yogaswara Sunandar Sunarya, Asep Apep, Darusman Sunandar Sunarya.

Semoga kesenian ini tetap langgeng dan jaya selalu seperti harapan Abah Asep.

Out Of Topic